Monday, July 30, 2007

ronda

Surat edaran dari RT
tidak pernah tidak berisi kabar buruk buat saya.
Termasuk yang sore ini sampai di meja saya,
(beneran sampai ke meja lho, seperti redaksi saja ya).
Selebaran kali ini.... (drum roll) ah! jadwal ronda!
Suatu manifestasi dari sistem pertahanan semesta
yang melibatkan seluruh anggota masyarakat.
Istilah kerennya yang anak SD juga tahu,
Siskamling (entah kalau anak SD sekarang masih tahu atau tidak).
Sistem Keamanan Lingkungan... kalau tidak salah.
Sistem semacam ini sudah menjadi kewajiban dalam organisasi gadungan macam RT-RW.
Dan tidak ada suatu rukun tanpa suatu sistem keamanannya,
seperti partai dengan satgas-nya.
Biasanya ronda - rondaan begini hanya bertahan beberapa minggu saja,
malah kadang ngga sampe seminggu anggotanya sudah pada ilang.
Biasanya saya melarikan diri dari kewajiban dengan alasan yang dibuat - buat,
kuliah lah, nonton gig lah, pacaran lah hahaha.
Tapi ketika saya sedang memikirkan satu alasan
yang kick ass buat mangkir dari acara jalan - jalan malem pake sarung
dan kentongan ini,
saya lihat tim ronda saya adalah teman - teman lama masa kecil saya semua!
Hey ini bisa jadi ajang reuni,
menggingat kembali masa - masa lalu ketika masih sama - sama main perang - perangan,
jadi kura - kura ninja, sampai nge-band bareng.
Ah ya ya ya sepertinya saya akan meluangkan waktu buat keliling bersama mereka selasa depan...
dengan sebotol intisari dan marlboro tentunya. :D

No comments: